Sama halnya dengan membeli barang pada umumnya, kamu tidak akan mudah mengambil keputusan. Ini juga berlaku saat kamu mau membeli produk asuransi lho. Faktanya, saat ini ada banyak banget perusahaan yang menawarkan asuransi. Belum lagi, tiap perusahaan memiliki produk-produk asuransi yang berbeda. Gimana gak tambah pusing coba?

Eits.. Tapi tenang aja, kamu yang pengen beli asuransi dalam waktu dekat bisa banget mencoba 3 tips mudah ini biar gak makin bingung.

  1. Kamu Mau Jenis Asuransi yang Mana?

Tips pertama adalah cari tahu dulu jenis asuransi yang kamu mau. Apakah asuransi kesehatan, jiwa, rumah, kendaraan atau bahkan pendidikan? Lalu, kamu mau asuransi murni atau unit link?  Kalau kamu butuh asuransi hanya untuk meng-cover  biaya dan memberikan manfaat saat sakit, maka kamu bisa pilih asuransi murni.

Sebaliknya, kalau kamu ingin asuransi sekaligus investasi maka unit link bisa jadi pilihan bagus. Dengan unit link, maka kamu bisa meg-cover biaya saat sakit dan dalam kurun waktu tertentu kamu bisa ambil uang yang terkumpul sebagai imbal balik investasi lho.

  1. Sisihkan Dana untuk Bayar Premi

Tips yang kedua adalah komitmen dalam diri. Jangan seenaknya membeli asuransi terus lupa bayar premi ya. Kalau kayak gini, sama aja kamu gak serius untuk memanfaatkan asuransi dalam hidup.

Karena itu, pastikan kamu menyisihkan dana untuk membayar premi ini. Tips kedua ini juga masih terkait dengan pilihan premi yang kamu ambil saat mendaftar pertama kali. Sesuaikan premi dengan kemampuan finansial kamu.

  1. Jangan Asal Pilih Perusahaan Asuransi!

Beli cabe di pasar aja harus milih kan? Apalagi pas kamu beli asuransi. Produk asuransi ini termasuk dalam investasi jangka panjang. Jadi, kamu gak boleh main-main dalam menentukan perusahaan asuransi yang dipilih.

Pastikan perusahaan pilihanmu itu kredibel, terpercaya, punya review bagus, ada layanan pelanggan dan pastinya punya proses klaim yang cepat. Kamu bisa memanfaatkan internet untuk searching info tentang perusahaan asuransi terbaik. Atau kamu juga bisa meminta saran dan rekomendasi dari teman hingga saudara yang sudah pernah menggunakan produk asuransi.

Gimana? Gampang banget kan ketiga tips di atas?